Kesehatan

Cintai Diri, Jaga Kesehatanmu!

Pernahkah kamu mengunjungi kerabat atau temanmu yang sakit? Atau justru kalianlah yang pernah atau sedang menderita sakit? Terbayangkah kondisi sakit adalah kondisi yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Ketika sakit, kaki ini tak bisa melangkah ke tempat yang kita inginkan. Ketika sakit, makanan kesukaan pun tak bisa kita nikmati kelezatnya. Ketika sakit, jangankan bersenang-senang bersama teman, untuk berbicara saja sulit. Ketika sakit, banyak hal yang ‘tertahan’ untuk dilakukan. Ketika banyak ini itu yang akhirnya hanya bisa dibayangkan di dalam benak karena kondisi raga ‘menahan’ kita untuk melakukan berbagai ini itu. Kondisi sakit menyampaikan kita pada masa raga menuntut haknya untuk beristirahat. Walaupun pada praktiknya, (masih) saja hak ini mungkin tidak bisa kita berikan secara penuh terkait dengan tuntutan pekerjaan.

Tak perlu tunggu sakit untuk pahami betapa kesehatan adalah hal yang sungguh berharga bukan? Lantas bagaimana sih cara menjaga kesehatan yang sangat berharga ini?

Lakukan olah raga rutin! Ini hal yang cukup membutuhkan usaha, bukan agar mahir berolahraga, tapi agar tubuh konsisten terolah berbagai kebutuhannya. Olah raga rutin ini adalah salah satu hal yang tidak mudah dilakukan. Mulai dari alasan kesibukan, cuaca, hingga tidak ada teman! Jika kamu mengetahui manfaat olah raga, dijamin kamu akan mengutamakan olah raga ini dalam daftar kegiatanmu. Selain mengolah fisik, ternyata ketika kita berolah raga (misal: lari), tubuh kita mengeluarkan hormon kebahagiaan, hormon ini lah yang bisa menstimulus suasana hati kita menjadi lebih positif.

Jaga pola makan adalah salah satu cara kita menjaga kesehatan. Makanan adalah salah satu hal yang berperan besar dalam kesehatan seseorang, mulai dari jadwal makan, menu makan, hingga kuantitas makanan yang kita makan. Makan adalah aktifitas yang kita lakukan setiap hari. Jika kita tidak memperhatikan serba-serbi makan, maka bukan tidak mungkin kesehatan kita pun akan menurun. Atur jadwal makanmu, sesibuk-sibuknya kita, prioritaskan jadwal makan ini sebagai waktu kita untuk mengisi baterai tubuh. Namun selain jadwalnya kita juga perlu memperhatikan kualitas serta kuantitasnya pula.

Perhatikan tidurmu! Sama dengan makanan, tidur adalah saatnya tubuh mengisi baterainya. Dengan teratur dan pas nya pengisian baterai, maka tubuhmu pun cukup mendapat maintenance-nya.

Lakukan ‘me time’! Dengan kita melakuan apa yang kita sukai, maka hormon kebahagiaanpun dapat terproduksi. Lakukan me time dengan bermacam jenisnya. Coba deh ingat-ingat hal apa yang membuatmu senang. Mulai dari makan di tempat tertentu, nonton maraton film di rumah, hiking ke gunung, pergi ke salon, berbelanja online, hingga tidur seharian.

Berilah kesempatan untuk mengkomunikasikan apa yang ada di hati dan pikiranmu. Ketika merasa ada sesuatu yang mengganggu pikiran dan hatimu, identifikasikan lalu komunikasikanlah. Jangan biarkan sesuatu yang tidak memberdayakanmu terus mengganggu pikiran juga hatimu. Kesehatan pikiran dan hati adalah satu dari salah sekian faktor yang memberi andil pada kesehatan tubuhmu.

 

Nah, bagaimana denganmu, apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...