Inspirasi

Yuk, Bernostalgia Lewat Si Doel The Movie!

Serial Si Doel Anak Sekolahan, adalah salah satu serial televisi yang kekinian pada zamannya. Serial yang diangkat dari novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Madjoindo ini, kekinian sekitar tahun 90-an. Siapa sangka, di era millenial ini, di tahun 2018 Si Doel diangkat ke layar lebar. Bayangkan, serial sekitar 20 sekian tahun silam dihadirkan kembali dalam bentuk layar lebar! Terbayang, betapa film ini membuat para penikmatnya di tahun 90-an menjadi penasaran bagaimana nasibnya Si Doel, Sarah, Jaenab, Atun, Mandra, dan tokoh lainnya di tahun 2018 ini. Tapi jangan khawatir untuk kalian yang masih belum lahir di tahun 90-an itu atau masih bayi di kala itu, bukan berarti tidak dapat menikmati film ini versi layar lebar.

Film ini sukses lho dalam membawa penikmatnya kembali ke tahun 90-an. Setting tempat dalam film sungguh seakan membius penontonnya dan berjalan-jalan ke era ketika serial ini berjaya. Walaupun sebagian besar setting tempatnya bukan di Betawi, tapi tokoh-tokohnya tetaplah kental dalam membawakan budaya lokal. Sarah yang notabene tinggal belasan tahun di Belanda, tetaplah hangat dan tak lupa akan makanan Indonesia. Belanda, ini adalah pembeda film ini dengan serial aslinya. Film ini banyak menampilkan kecantikan negeri Belanda. Mulai dari kecantikan tulipnya, deretan tempat tinggal di sana, berbagai transportasinya, dan yang paling tampak lainnya adalah betapa dinginnya udara di sana. Ini mungkin kurang penting , tapi rasanya ingin aku sampaikan. Saking terbawa pengaruh betapa dinginnya Belanda di film ini, AC bioskop pun seakan menambahkan unsur 5 dimensi saat menonton.

Film ini diawali dengan kisah Si Doel dan Mandra yang diminta Hans untuk datang ke Belanda. Hans minta bantuan Doel untuk membawa berbagai barang untuk sebuah festival di sana. Dengan akomodasi yang ditanggung oleh Hans, akhirnya Doel dan Mandra pun pergi ke sana. Ternyata sesuai dengan dugaan Atun adiknya Doel, tampaknya ada maksud lain yang membuat Hans mengundang Doel ke sana. Dari Belanda ini lah dimulai (kembali) kisah antara Doel dan Sarah yang telah berpisah belasan tahun lalu. pertemuan mereka di negeri Belanda ini lah yang menjadi pengantar kisah Si Doel selanjutnya. Kalau film ini kita analogikan sebagai buku, film Si Doel ini menjadi pengantar untuk film sekuelnya. Film ini juga mengenalkan kembali berbagai tokoh yang ada dalam serial aslinya. Ada emak, Atun, Hans, dan tentunya pemeran utama yang sudah disebutkan di awal. Muncul pula pemain baru yang dulu di serial aslinya belum ada. Penasaran? Yuk, bernostalgia ke tahun 90-an melalui Si Doel Anak Sekolahan The Movie!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...