Kesehatan

Mens Sana In Corpore Sano

Mens sana in corpore sano adalah bahasa Latin yang berarti “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”  Kalimat ini mungkin sering kita dengar dalam dunia kesehatan atau dulu semasa sekolah di mata pelajaran Ilmu Kesehatan atau Pendidikan Jasmani. Ternyata memang terbukti ada kaitan antara kesehatan jiwa dan raga. Mereka saling berkaitan dan sokong menyokong dalam ‘menjalankan’ diri kita. Jiwa dan raga ini bersinergi menjadi penggerak diri untuk jalani keseharian dan juga untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

Di masa-masa kita duduk di bangku sekolah cukup sering bukan guru mengingatkan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh? Ternyata dalam praktiknya bukan hanya menjaga kesehatan tubuh saja yang penting bagi kita, namun menjaga kesehatan pikiran juga sama pentingnya. Bagaimana kita menjalankan diri bukan hanya peran tubuh tapi juga ada peran jiwa di situ. Nah sebenarnya bagaimana menerapkan Mens sana in corpore sano supaya tercapai ya? Yuk kita simak beberapa cara yang bisa menjadi alternatif pilihannya!

Untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya tak lain dan tak bukan adalah salah satunya dengan melakukan olah raga. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan minat dan ketersediaan waktumu. Jika kamu adalah pekerja yang memiliki waktu kerja yang cukup padat saat weekday, pilihlah weekend sebagai waktumu untuk berolahraga. Atau jika kamu tidak masalah berolahraga selepas ngantor, kunjungilah gym sepulang kantor pada hari-hari tertentu.

Kesehatan tubuh juga tidak lepas dari pola makan yang sehat. Di zaman milenial ini sungguh ada variasi makanan yang berlimpah. Namun pilihlah dengan bijak makanan yang memang dibutuhkan olehmu (bukan diinginkan)! Bukan rahasia umum lagi jika makanan yang kita inginkan belum tentu makanan yang kita butuhkan. Tak dipungkiri memang sungguh banyak godaan untuk hal yang satu ini, tapi ingatlah dampak jangka panjangnya. Tubuhmu bukan hanya untuk digunakan ketika kamu dalam usia muda saja kan? Masih ingin memiliki tubuh yang sehat ketika kamu kelak tak muda lagi bukan? Bagaimana kesanmu ketika melihat oma dan opa yang masih tetap bugar di usia lanjut mereka?

Nah, selanjutnya adalah bagaimana kamu menjaga kesehatan jiwamu. Untuk ini ada juga berbagai hal yang bisa kamu lakukan, bahasa kerennyas sih memperhatikan soul and mind! Yang terpenting dari menjaga kesehatan jiwa ini adalah bagaimana kamu menjaga hubunganmu dengan Tuhan. Tak ada kebetulan mengapa Tuhan memerintahkan kita untuk beribadah setiap hari. Ini salah satu pertanda bahwa ibadah ini adalah salah satu kebutuhan pokok kita sebagai manusia. Beribadah dapat memberikan ketenangan hati yang mungkin tak bisa didefinisikan. Coba deh diam sejenak setelah kamu beribadah dan rasakan apa yang terjadi pada hatimu. Beribadah ini pun bukan semata-mata kita solat lima waktu bagi yang Muslim, tapi bagaimana kita beribadah dengan selalu menjaga hubungan baik kita dengan kelaurga, teman, dan lingkungan kita. Membina hubungan baik pun merupakan salah satu ibadah kita dalam bentuk yang berbeda ketika diniati dengan niat baik.

Selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa mengelola hati dan pikiran. Ketika ada hal yang ‘mengganjal’ komunikasikanlah dengan tepat sasaran dan dengan cara yang elegant pula. Ketika ada sesuatu yang mengganjal utarakanlah langsung pada sumbernya dengan jelas dan tenang. Mengapa perlu ketenangan dan kejelasan? Ini dengan tujuan agar ‘pesan’ mu sampai pada orang yang bersangkutan. Ketika pun misal kamu sulit melakukannya, mintalah bantuan pada orang yang terpercaya. Ketika kamu memutuskan untuk menyimpan ganjalan ini saja, di saat yang sama kamu memutuskan untuk menanambah ‘muatan’ dalam kontainer pikiranmu. Dan terbayangkan apa yang menjadi konsekuensinya bukan?

Tambahlah berbagai pengetahuanmu! Hal ini bermanfaat dalam memberikanmu sebanyak mungkin data base dalam menyelesaikan berbagai hal dalam keseharianmu, mulai dari hal yang ringan hingga hal-hal yang berat. Lakukan ini sesuai dengan minatmu. Misal: dengan membaca, menonton, travelling, bergabung dengan berbagai komunitas, mengikuti seminar, workshop, dan berbagai kegiatan yang bisa memperkaya wawasan juga pengetahuanmu.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan mens sana in corpore sano?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...