Inspirasi

Pararel ‘Rasa’ Hidup

Pararel! Ada kalanya satu episode memiliki dua rasa. Bagaikan berada di tengah kemacetan dan kita terjebak berada di belakang kendaraan dengan knalpot yang berada tepat di depan kita pada pagi hari yang dingin. Dari asap knalpot kita mendapatkan kehangatan, namun pada saat yang sama kita juga menghirup udara yang jelas-jelas merupakan polusi! Tak ada pilihan kerena kita sudah terjebak dengan kemacetan yang membuat kita ada di situ, tak bisa ke kiri, kanan, depan, atau belakang. Kita ada dalam satu posisi, hanya itu saja. Tak ada yang bisa dirubah untuk masalah posisi, variabel yang bisa dirubah adalah pikiran! Bagaimana kita merespon knalpot tersebut? Apakah kita akan fokus pada kehangatan yang diberikannya atau pada polusinya? Dua rasa yang bertolak belakang datang pada saat yang sama.

Dalam kenyataan pun tak jarang terjadi hal yang sama satu peristiwa dengan dua rasa! Ketika kita diterima di perguruan tinggi yang kita idam-idamkan misalnya. Kita merasa senang kerena impian kita akhirnya terwujud, tapi di saat yang sama kita juga dihadapkan dengan kecemasan karena ke depannya kita akan tinggal di negeri orang. Yang biasanya bangun tidur kuterus mandi dan sarapan sudah tersedia di meja, kemudian harus merasakan susah payahnya jadi anak kos. Senang dan susah ada di episode diterima di perguruan tinggi nun jauh di sana. Episode dengan dua varian rasa ada juga dalam episode tabungan sudah sampai pada nominal tertentu. Senang karena akhirnya bisa membeli laptop canggih yang diinginkan, namun ada juga rasa ‘sayang’ karena kemudian saldo tabungan menjadi kosong!

Perpaduan rasa hidup ia akan muncul dalam berbagai episode hidup kita, ia akan hadir tanpa kita bisa memilih rasa, ia datang dengan membawa berbagai kejutannya. Ia akan datang sepaket dengan efek yang diberikan oleh ‘rasa-rasanya’. Ada rasa manis-pedas, berdebar-cemas, haru-kaget, berbunga-bunga-khawatir, dan rasa lain-lainnya. Efek bagi setiap orang akan bervariasi, tergantung rasa mana yang dipilih untuk mendominasi pikiran. Pusing, bingung dengan ‘rasa-rasa’ hidup? Tugas hidup memang memberikan berbagai rasa bagi pemerannya! Nikmatilah!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...