Gaya Hidup

Pilihan Konsep Pernikahan…

Menikah, ini tentu yang menjadi impian setiap orang setelah ia memasuki fase dewasa. Salah satu episode penting dalam kehidupan seseorang. Karenanya episode ini menjadi salah satu episode yang memang direncanakan dengan matang, mulai dari konsep, waktu, lokasi, katering, make up, dekorasi, souvenir, undangan, dan sederetan ini itu lainnya.

Kalian tentunya pasti pernah ke acara nikahan bukan atau bahkan sudah menikah? Bagi yang belum menikah pasti pernah menghadiri acara nikahan kakak, saudara, teman, tetangga, atau relasi lainnya. Dalam dunia konsep pernikahan, bisa jadi ada 1001 konsep pernikahan! Bahkan lebih! Mulai dari pernikahan dengan konsep sederhana hingga spektakuler. Ada juga 1001 alasan mengapa seseorang memilih konsep pernikahan tertentu. Nah, kalau kita lihat konsep-konsep ini berawal dari tujuan diadakannya pernikahan tersebut, maksudnya resepsi pernikahannya. Sebenarnya tujuan utama adanya perhelatan pernikahan ini adalah untuk mengumumkan kepada lingkungan bahwa sepasang pasangan kini telah terikat dalam hubungan pernikahan. Tapi ada banyak motif lainnya yang menyertai motif utama ini, seperti meneruskan tradisi keluarga, ingin memuliakan tamu undangan, ingin menunjukkan prestise, ingin resepsi dengan suasana yang sakral, ingin mewujudkan impian pribadi dalam konsep pernikahan yang dirancang khusus, dan berbagai motif susulan lainnya.

Kita lihat yuk beberapa konsep pernikahan yang banyak dipilih oleh pasangan yang menikah!

Konsep tradisional

Pernikahan dengan konsep ini dipilih orang karena meneruskan tradisi keluarga. Pernikahan yang dimulai dengan berbagai upacara tradisional yang dimulai bahkan beberapa waktu sebelum hari pernikahan tiba. Indonesia adalah negeri dengan budaya yang kaya, tak heran budaya ini masih tetap lestari karena banyak yang meneruskan budaya ini secara turun menurun salah satunya lewat acara pernikahan. Upacara adat, musik tradisional, pelaminan, dan make up dengan baju ada khas daerah tertentu, hingga makanannya menyatu menjadi satu dalam pesta pernikahan yang kental akan budaya daerahnya.

Konsep modern

Pernikahan dengan konsep ini biasanya dipilih orang yang mengambil unsur fungsi atau kepraktisannya. Mereka memilih konsep ini karena fokus pada tujuan pernikahannya. Memang tak dipungkiri, konsep pernikahan tradisional membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Mulai dari mencari orang-orang yang memang sudah profesional dalam mengurusi berbagai upacara adat untuk pernikahan hingga pemilihan pakaian adat yang sesuai dengan konsep kedaerahan tersebut. Terkadang konsep modern ini menjadi pilihan ketika pasangan berasal dari dua daerah yang berbeda, jadi konsep modern inilah yang menjadi jalan tengahnya.

Konsep khidmat

Kalau konsep modern lebih menitikberatkan pada kepraktisannya. Konsep ini lebih   mengedepankan pada kekhidmatan pernikahannya sendiri (selain tujuan utamanya). Pemilih konsep ini menginginkan pernikahan yang khidmat dan jauh dari ‘keramaian’ pesta pernikahan. Yang diinginkan adalah suasana sakral dengan unsur kekeluargaan yang lebih terasa. Biasanya ketika konsep ini dipilih, tidak melibatkan banyak undangan di dalamnya dan lebih terkesan mengedepankan privacy ketimbang publikasi.

Nah, bagi kalian yang belum menikah, konsep manakah yang kalian pilih?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...