Life Style

Temukanlah Waktu ‘Berdaya’ Milikmu!

Pernahkah kamu merasakan betapa kamu sangat antusias dalam mengerjakan sesuatu? Sangat bersemangat, mencurahkan segala daya upaya dalam mengerjakan sesuatu tersebut. Bahkan kamu mengacuhkan lelah demi melakukannya. Waktu, tenaga, bahkan biaya seakan tak jadi masalah demi terkerjakannya sesuatu ini. Ya, ini lah saat-saat ketika kamu mencapai titik tertinggi produktivitasmu. Ketika kamu sungguh ‘berdaya’ (baca: memiliki daya) untuk melakukan suatu hal. Ketika kamu rela bergadang hingga malam atau dini hari, ketika kamu tak masalah tetap menuntaskan sesuatu walau badanmu sudah kepayahan, dengan catatan kamu melakukan ini dengan perasaan bahagia juga tak berbeban.

Bayangkan apa saja yang dapat kamu hasilkan ketika kamu bisa ‘berdaya’ bukan hanya pada saat-saat tertentu saja, tapi kamu bisa menciptakan waktu ‘berdaya’-mu kapan pun kamu mau. Bukan tidak mungkin akan banyak ‘karya’ yang bisa kamu hasilkan karena produktivitasmu seakan tak berbatas. Bayangkan pula sebesar apa manfaat yang bisa kamu berikan pada diri dan juga lingkunganmu. Menarik bukan? Nah, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana kita dapat mengenali timing ketika kita sedang berdaya-berdayanya. Aturlah itu menjadi variabel yang bisa kamu kendalikan.

Yuk, kita lihat apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita ‘berdaya’!

Biasanya seseorang akan ‘berdaya’ ketika ia melakukan hal yang sesuai dengan passion-nya. Beruntunglah orang-orang yang memiliki pekerjaan sesuai dengan passion-nya. Tentunya ia tidak banyak mengeluh ketika mendapatkan deadline-deadline pekerjaan. Ia akan senang hati melakukan segala yang berhubungan dengan tugasnya karena itu adalah area kesukaannya. Sebagai catatan untuk kalian yang masih belum duduk di bangku kuliah, kenalilah passion-mu sejak di bangku sekolah, supaya kelak kalian memilih jurusan kuliah bukan karena salah pilih atau malah dipilihkan oleh orang lain!

Ketika pekerjaan tidak sesuai dengan passion bukan berarti kita tidak bisa ‘berdaya’ ya. Tetap bisa berdaya kok, hanya saja memerlukan sedikit penyesuaian. Misal: ketika kita menyukai musik, bekerjalah sambil mendengarkan musik. Ketika hati nyaman, keberdayaan pun dapat meningkat.

Variabel lainnya yang bisa kita atur adalah setting tempat. Bekerja di kantor memang tak bisa senaknya kita berpindah ruangan atau meja kerja. Nah, ketika dua hal itu tak bisa dirubah, masih ada lho variabel yang bisa kita rubah. Ubahlah setting-an meja kerja kita. Tambahkan pigura dengan kata-kata penyemangat di meja kita, jika masih belum memungkinkan, bisa juga menuliskan kata-kata penyemangat di potongan kertas kecil dengan warna-warna menarik lalu tempelkan di sudut laptopmu.

Mudah bukan bagaimana menciptakan variabel-variabel yang (tampak) baru untuk memberdayakan dirimu? Sebenarnya ini adalah cara bagaimana dirimu dapat memiliki motivasi yang tinggi. Misal: dengan mengerjakan tugas di tempat tertentu, dengan mendengarkan sesuatu ketika bekerja, dengan makan-minum sesuatu sebagai penyemangatmu, atau dengan memberikan hadiah untuk diri setelah kamu melakukan pekerjaan dengan tingkat kesulitan tertentu (ini dapat dilakukan ketika kamu berhasil menyelesaikan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa kamu kerjakan).

Bagaimana, sudah mengingat dan menemukan cara yang membuatmu ‘berdaya’?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...