Inspirasi

Ternyata di Balik Pergantian Siang dan Malam Itu…

Pernahkah kamu merasa sedang dilanda kesulitan dan kemudian menemukan petunjuk dari sumber yang tidak diduga-duga? Petunjuk yang datang juga dalam berbagai versinya. Mulai dari versi tidak jelas (analogi), samar-samar, agak jelas, hingga jelas sejelas-jelasnya! Nah, petunjuk yang membutuhkan kepekaan untuk menemukannya adalah petunjuk dalam versi yang pertama. Padahal petunjuk dalam versi pertama inilah yang mungkin justru yang banyak kita jumpai dalam keseharian kita.

Kita coba lihat yuk, analogi petunjuk hidup apa yang mungkin sering ‘nongkrong’ di hadapan kita, namun sering juga luput dari perhatian kita. Ingat, petunjuk dalam versi ini sering muncul dalam bentuk yang mungkin tidak kita duga sama sekali. Di sini lah dibutuhkan keterampilan ‘melihat’ ini itu di sekitar kita yang bukan hanya sekedar ‘melihat’.

 

Pergantian siang dan malam

Tentunya setiap dari kita merasakan pergantian siang dan malam bukan? Ketika gelap berganti terang. Ketika siang harinya kita sibuk beraktifitas dan malam harinya adalah waktu kita untuk beristirahat. Ketika kita menyaksikan matahari menunaikan kewajibannya menerangi bumi dan kemudian dia tenggelam digantikan oleh bulan yang bertugas pada malam harinya. Ketika udara sejuk di pagi hari, perlahan menghangat hingga memanas di siang hari, lalu berangsung dingin di sore juga malam hari, kemudian menjadi sejuk kembali pada pagi harinya. Begitu berulang dan berulang dalam hari demi hari kita. ‘Pergantian’ itu adalah petunjuknya! Dalam hidup ini tidak ada yang abadi, semua akan bergerak dan berganti dengan dinamisnya. Tak ada yang menetap seperti pagi yang tergantikan siang, siang yang kemudian tergantikan oleh sore, dan sore yang kemudian tergantikan oleh malam. Jangan khawatirkan sesuatu yang akan terus berganti. Jangan khawatirkan sedih yang sedang melanda, dia akan tergantikan. Jangan khawatirkan kesal yang sedang berkecambuk, dia akan tergantikan. Bukalah mata lebar-lebar dan lihat betapa banyak pergantian yang sudah kita alami dalam hidup kita.

 

Langit tegak tanpa tiang

Coba lihatlah ke luar, lihat betapa indah dan megahnya langit. Ia hadir dengan berbagai perpaduan yang membuat takjub. Langit dapat berpadu dengan awan putih yang bersih, ia juga dapat berpadu dengan pelangi yang menawan, ia dapat juga bersanding dengan taburan bintang, ia dapat berteman dengan matahari pada siang hari, dan juga bulan pada malam hari. Ia pun dapat dengan gagahnya menjadi saksi kilatan petir ketika hujan. Langit tetap berdiri kokoh dalam berbagai keadaan, cerah, mendung, badai, terang, juga gelap. Padahal, lihatlah langit tegak tanpa penyangganya! Langit dapat tegak dalam berbagai keadaan dengan kuasa Tuhan. Petunjuknya adalah kuasa Tuhan! Dengan kuasa Tuhan segala sesuatu dalam hidup ini dapat kita lalui. Berbagai dinamika akan dapat dijalani dengan keyakinan kita pada kuasa Tuhan.

 

Bintang kecil di langit malam

Pernahkah kalian melihat ke langit ketika malam hari cerah? Perhatikan deh, betapa taburan bintang kelap kelip terlihat indah ketika kita memandangnya. Ya, kita yang memandangnya dari halaman rumah kita, dari bumi! Bandingkan kecilnya bintang tersebut dari tempat kita memandang. Bintang tersebut dapat kita anaogikan sebagai kita yang terlihat dari luar alam semesta. Betapa kecilnya kita, apalagi masalah yang menimpa kita! Kita merasa kita sedang dilanda masalah yang sangat besar, ketika kita tidak memposisikan diri sebagai bagian dari alam semesta. Padahal jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, masalah yang sedang kita alami, tidak lah sebesar itu. Dan dengan ‘mengecilkan’ ukuran masalah tersebut hidup dapat dijalani dengan lebih ringan karena kita pun akan mudah menyelesaikan masalah yang ‘kecil’ tersebut. Petunjuk dari bintang ini adalah ‘ukuran’, besar kecilnya masalah adalah kita yang menentukan, kecilkanlah masalahmu maka kau dapat dengan mudah menyelesaikannya.

Nah, bagaimana dengan petunjuk (hidup) yang pernah kamu lihat dalam keseharianmu?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...