Wisata

Ingin Wisata Sejarah, Wisata Belanja, dan Wisata Kuliner? Ke Cirebon Saja!

Siapa yang tak kenal Cirebon, salah satu kota yang berada di sebelah Timur Jawa Barat. Kota yang beriklim panas ini, ternyata menawarkan berbagai wisata lho. Berkunjung ke Cirebon, kita disuguhi dengan wisata sejarah, wisata belanja, dan tentunya menawarkan wisata kuliner.
Kita lihat lebih dalam yuk ada wisata apa saja di sana!
Wisata Sejarah
“Bangsa yang maju adalah bangsa yang mengenal sejarah bangsanya.” Nah, salah satu wisata sejarah yang bisa kita telusuri adalah wisata keraton di Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan adalah salah satunya. Keraton ini berlokasi di Desa Kasepuhan di Lemahwungkuk. Keraton ini terkenal juga dengan nama Keraton Pakungwati atau Dalem Agung Pakungwati. Keraton ini dibangun oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1452. Pakungwati sendiri diambil dari nama anak perempuan Pangeran Cakrabuana. Sejalan dengan waktu, keraton ini terbagi menjadi dua, yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Selain wisata di Keraton Kasepuhan ada juga berbagai wisata sejarah lainnya, antara lain: Mesjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kanoman, juga Keraton Kacirebonan.
Wisata Belanja
Cirebon juga terkenal dengan wisata belanjanya. Yang cukup terkenal adalah belanja batik! Uniknya, batik di Cirebon ini cukup beragam, mulai dari batik dengan harga miring hingga harga yang cukup lumayan ada di sini. Sebut saja wisata batik di Batik Trusmi atau di Pasar Tegal Gubuk. Wisata di sini ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Hingga tak jarang wisatawan dari kota-kota besar justru memborong pakaian di Cirebon ini. Tak jarang mereka berbelanja di sini untuk dijual kembali di kota asal mereka.
Wisata Kuliner
Ini adalah salah satu tempat yang rasanya pasti dikunjungi wisatawan ketika berwisata. Nah, Cirebon menyuguhkan wisata kuliner yang cukup menggoda penikmat kuliner. Siapa yang tak kenal empal gentong, tahu gejrot, nasi lengko, juga nasi jamlang. Empal gentong adalah salah satu makanan favorit yang diburu pecinta kuliner ketika berkunjung ke Cirebon. Makanan sejenis gulai ini memiliki rasa yang khas dan membuat penikmatnya ingin lagi dan lagi. Konon yang membuat empal gentong ini memiliki cita rasa yang khas adalah karena dimasak menggunakan kayu bakar dan menggunakan gentong. Daging yang digunakan bukan hanya daging saja namun ada juga babat dan usus sapi. Yang menarik ada juga nasi jamlang yang memiliki nilai historis tersendiri. Konon, nasi ini pada zaman dahulu diperuntukkan bagi orang-orang yang tinggal di pelabuhan. Karena sulit mencari makanan di sana pada saat itu, orang-orang kemudian membungkus nasi menggunakan daun jati agar awet. Biasanya nasi jamlang ini disajikan bersama dengan paru goreng, sate kentang, tahu-tempe bacem, dan tentunya menggunakan sambal jamlang (irisan cabai yang diiris tipis kemudian digoreng menggunakan minyak).
Bagaimana, beragam bukan wisata yang diduguhkan oleh Cirebon? Bagi kalian yang tertarik menjelajahi Kota Cirebon, bisa menggunakan jasa sewa mobil Cirebon atau rental mobil Cirebon. Dijamin sewa mobil murah Cirebon ini bisa menemani Anda dalam menjelajahi wisata sejarah, wisata belanja, dan wisata kulinernya. Tunggu apalagi, hubungi Happy Rental Car di nomor telepon 08156407913/ 081298476511 atau melalui whats app di 0812120982211. Selamat menjelajahi Cirebon dan selamat menikmati keseruannya!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...