Wisata

Cirebon dan Batik Megamendungnya…


Batik, siapa yang tidak kenal dengan kain khas Indonesia yang satu ini? Kata ‘batik’ memang berasal dari bahasa Jawa ‘ambhatik’. ‘Ambhatik’ sendiri berarti membuat titik yang luas. Dalam perkembangannya, kemudian muncullah istilah batik seperti yang dikenal luas di masyarakat seperti sekarang ini. Walaupun istilah batik ini berasal dari bahasa Jawa, tetapi batik sebenarnya berkembang luas di Indonesia. Batik bukan hanya milik masyarakat Jawa saja. Batik di Indonesia berkembang dengan sangat luasnya. Motifnya yang bervariasi, ternyata bukan hanya menggambarkan kreatifitas dari setiap daerah, namun mengandung makna budaya yang mendalam. Oh, iya batik sendiri sudah resmi disahkan menjadi milik bangsa Indonesia pada 2 Oktober 2009. Karenanya tanggal 2 Oktober ini diperingati juga sebagai hari batik nasional.
Di Pulau Jawa sendiri, berkembanglah 11 motif batik. Motif batik ini berasal dari Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Cianjur, Sumedang, Bogor, Subang, Majalengka, dan Purwakarta. Batik megamendung adalah salah satu motif batik Jawa yang cukup populer. Batik megamendung ini berasal dari Cirebon. Batik megamendung ini terkenal karena memiliki warna yang cerah. Motif awal pada batik ini ternyata mengandung makna yang mendalam. Awan pada batik ini adalah awan pembawa hujan. Awan ini bermakna kesuburan dan juga pemberi kehidupan.
Jika kalian tertarik dengan batik megamendung ini, mengapa tidak langsung berkunjung ke kota asalnya? Di Cirebon terdapat Pusat Batik Trusmi, di tempat ini kalian bisa menemukan batik khas Cirebon dan tentunya ada juga batik-batik yang berasal dari daerah lainnya. Jika kalian ke sini jangan khawatir kehabisan pilihan. Di sini terdapat batik dengan banyak pilihan motif, jenis kain, dan tentunya model! Batik dengan berbagai bentuknya tersedia di sini, mulai dari bentuk kain, baju atasan, baju bawahan, tas, taplak meja, hingga seprai ada. Dan bukan tidak mungkin jika kalian nantinya akan menemukan batik dalam variasi bentuk lainnya. Jika kalian pecinta budaya asli Indonesia, khususnya batik, pilihan yang tepat jika kalian mendatangi kota yang satu ini.
Tidak ada kendaraan untuk berjalan-jalan ke pusat batik ini? Jangan khawatir juga ada rental mobil di Cirebon. Happy Car Rental menjadi solusi jika kalian membutuhkan jasa transportasi di kota yang satu ini. Happy Car Rental menyediakan berbagai pilihan jenis mobil. Happy Car Rental menyediakan rental Avanza, rental Kijang Innova, rental Isuzu, dan rental Hiace di Cirebon. Masih khawatir juga? Langsung hubungi saja Happy Car Rental di 081298476511/08156407913 atau lewat whats app di 082120982211. Yuk, datangi langsung pusat batik Cirebon dengan Happy Car Rental!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...