Bisnis

Mengenal Perbedaan Agen dan Broker Asuransi

Asuransi merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Ya, tidak hanya individu, namun asuransi juga dibutuhkan oleh perusahaan dalam perjalanan bisnisnya. Karena dengan adanya asuransi, perusahaan dapat menjalankan bisnis secara lebih tenang untuk mencapai target yang telah ditentukan. Akan tetapi, saat membeli asuransi, perusahaan Anda akan dihadapkan pada pilihan antara membeli asuransi dari agen dan broker asuransi. Lalu, apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Mari mengenal perbedaan antara agen dan broker asuransi melalui ulasan berikut ini.

Keterkaitan dengan perusahaan asuransi
Perbedaan utama antara agen dan broker asuransi terletak pada keterkaitan keduanya dengan perusahaan asuransi. Berdasarkan peraturan, Agen asuransi hanya bekerja dengan menawarkan paket asuransi dari satu perusahaan asuransi saja kepada para calon kliennya
Sebaliknya, broker asuransi tidak terikat pada perusahaan asuransi tertentu dan bekerja secara independen untuk mewakili klien dalam mencari paket asuransi terbaik yang tersedia di pasar asuransi.
Perbedaan keterkaitan antara agen dan broker asuransi terhadap perusahaan asuransi memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apabila perusahaan Anda ingin membeli asuransi melalui agen, maka secara tidak langsung pilihan asuransi yang dapat dibeli akan lebih terbatas mengingat hanya bisa didapatkan melalui satu perusahaan asuransi saja. Sementara itu, membeli asuransi melalui broker asuransi cenderung lebih fleksibel mengingat perusahaan dapat menentukan asuransi yang sesuai kebutuhan dari berbagai perusahaan asuransi. Sehingga, variasi produk asuransi yang didapatkan bisa lebih beragam apabila membeli melalui broker asuransi.

Pelayanan yang diberikan
Perbedaan berikutnya yang cukup mencolok antara agen dan broker asuransi terdapat dalam pelayanan yang diberikan. Sebagai klien, perusahaan Anda bisa membeli asuransi untuk perusahaan dari agen maupun broker. Namun, pelayanan broker asuransi cenderung lebih lengkap karena sebagai klien, perusahaan Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai asuransi yang benar-benar dibutuhkan. Jasa konsultasi manajemen risiko yang diberikan oleh broker asuransi melingkupi proses identifikasi potensi risiko yang mungkin hadir dalam bisnis, memberikan solusi paket asuransi yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda sampai membantu proses klaim asuransi apabila risiko terjadi dan menimpa perusahaan Anda. Pelayanan ekstra yang diberikan memberikan nilai lebih kepada broker asuransi karena bisa membantu meminimalisir risiko secara lebih menyeluruh.

Lalu, mana yang lebih menguntungkan?
Dari 2 perbedaan antara agen dan broker asuransi di atas, manakah yang lebih menguntungkan perusahaan Anda? Jika ingin melindungi bisnis dari potensi risiko yang mungkin hadir, maka broker asuransi jelas lebih menguntungkan karena pelayanan ekstra yang diberikan dan variasi produk asuransi yang lebih beragam. Namun, pastikan juga perusahaan Anda memilih broker asuransi dengan kredibilitas serta memiliki reputasi yang baik seperti broker asuransi Marsh Indonesia. Sehingga, manajemen risiko dalam perusahaan Anda dapat bekerja secara efektif dalam menanggulangi risiko bisnis yang berpotensi hadir.

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...