Kesehatan

Pernah Sakit Kepala?

Pernahkah kalian mengalami sakit kepala tanpa sebab? Ketika merasa bahwa sudah beristirahat dengan cukup, ketika merasa juga sedang makan dengan pola yang sehat, ketika juga merasa sedang tidak dalam kondisi yang menyebabkan kalian sakit. Sakit kepala ternyata bisa menjadi salah satu pertanda sedang ada ‘sesuatu’ di diri kita. Ya, di diri bukan di tubuh! Hal ini lah yang belakangan ini menarik perhatianku. Sakit ternyata tidak hanya berhubungan dengan diri bagian fisik saja. Terkadang kita lupa bahwa diri bukanlah hanya fisik semata, tapi ada psikis juga di sana. Fisik dan psikis lah yang menjalankan diri kita. Mereka tidaklah berjalan sendiri-sendiri dalam menjalankan tugasnya. Mereka saling berhubungan satu sama lain.

Seperti disebutkan di atas bahwa ketika kita merasa fisik kita tak ada yang menjadi pemicu sakita kepala, mulailah mengecek keadaan psikis kita. Adakah belakangan ini yang mengganggu pikiran kita? Adakah sesuatu yang sedang menjadi dilema di pikiran kita? Bisa jadi perubahan-perubahan yang terjadi di pikiran kita itulah yang memicu sakit kepala kita. Bukan dari makanan, bukan dari pola istirahat (saja), tapi sakit kepala bisa juga disebabkan oleh pikiran atau kondisi psikis kita.

Bagian-bagian tubuh yang terkadang terkena dampak stres namun kita tak menyadarinya adalah sakit kepala dan juga sakit pada pencernaan. Penjelasan praktisnya sih, intinya ketika tubuh kita stres, otot-otot di tubuh kita menegang. Untuk bagian pencernaan, ketegangan otot ini mempengaruhi kerja otot di usus dan bisa menyebabkan diare atau sembelit. Ketegangan otot pula lah yang menyebabkan sakit kepala.

Tubuh adalah alarm diri. Alarm yang bisa bersumber dari tubuh itu sendiri (jika diakibatkan oleh pola makan, pola kerja, pola istirahat) dan juga yang bersumber dari psikis (jika diakibatkan oleh pola pikir). Pilihlah juga penanganan yang sesuai dengan ‘pencetusnya’. ‘Baca’ diri, atur diri, dan selanjutnya jalankan diri tanpa sakit-sakit kepala lagi!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...