Religi

Semua Sudah Dipersiapkan!

Semua sudah dipersiapkan!
Ada sebuah kisah sederhana yang menarik dan kupikir kita bisa mendapatkan sesuatu dari kisah ini. Ini adalah kisah pengalaman seseorang tentang kantor-kantornya. Beberapa tahun yang lalu, ada seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan dengan urusan pekerjaan yang sangat padat. Saat itu rutinitasnya hampir setiap hari hanya urusan perjalanan dari rumah menuju kantor begitu rutinnya. Sesekali ia berbelok dahulu ke tempat lain untuk hang out dan melepas penat sepulang kerja. Saat itu ia tak terpikir untuk beraktivitas lainnya selain hanya bekerja di kantor saja (untuk urusan pekerjaan). Saat itu ia hanya punya satu pekerjaan, ya perkerjaan kantor saja. FYI: Di saat itu belum marak adanya ojek maupun taxi online. Jika kalian hendak bepergian, sangat tergantung kepada kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Karena dia tidak bisa menyetir, moda transportasi ke dua lah yang sering dipilih ketika hendak bepergian.
Kini semua berbeda, ketika ia memutuskan untuk pindah pekerjaan ke kantornya yang sekarang. Ia yang kini sering mobile dengan pekerjaannya, sangat bergantung pada jasa ojeg online. Rasanya hampir setiap hari ia menggunakan moda transportasi ini. Jika transportasi belum berkembang seperti sekarang ini, entah bagaimana jadinya. Tak terbayang di benaknya bagaimana jika harus menghabiskan waktu berjam-jam memerangi kemacetan jika hendak pergi ke kantor. Dengan ojek online, ia tak perlu berlama-lama melewati dahsyatnya kemacetan di pagi hari.
Itu hanya satu gambaran kecil bahwa Dia sudah menyiapkan kondisi kita agar cocok dengan episode yang harus kita jalani. Ojek online seakan dipersiapkan untuknya yang memiliki mobilitas yang padat sekarang. Teruslah bersemangat dalam menghadapi berbagai episode dalam hidup kita dan yakinlah bahwa Dia sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan rapi. Tak perlu takut atau khawatir, karena ada banyak sungguh pertolongan Allah di depan sana. Dan bukan tidak mungkin pertolongan itu datang dari sumber yang tidak kita duga, seperti yang terdapat dalam QS Ath Thalaq 2-3:
“…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi besok, dua hari ke depan, atau setahun ke depan lagi. Tapi setidaknya kini kita sudah tahu bahwa yang ada di depan adalah yang terbaik untuk kita karena Dia sudah menyiapkan ‘indah’ untuk setiap hambanya.

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...