Inspirasi

Belajar dari Makanan Pedas…

Makanan pedas, mungkin ini adalah salah satu tipe makanan yang cukup digemari orang. Makanan dengan tingkat kepedasan berlevel-level semakin berkembang saja variannya. Berawal dari keripik, nasi goreng, mie goreng, seblak, makaroni, dan beragam varian lainnya. Entah ada apa dengan makanan pedas ini, seakan membuat penikmatnya ingin lagi dan lagi menikmati.

Sebagai bukan penggemar makanan pedas, tentunya memang tidak (terlalu) terpengaruh dengan adanya perkembangan dalam penemuan varian makanan pedas dari hari ke harinya. Namun, lagi dan lagi aku belajar sesuatu (lagi) dari makanan pedas ini. Pelajaran ini justru terasa setelah aku melewatinya. Ketika aku sebelumnya sedang berada di posisi orang yang sedang mengalami kepedasan. Bagiku makanan enak adalah makanan yang bisa dinikmati dengan tenang dan nyaman. Bagiku akan ‘mengganggu’ jika aku sibuk minum karena makanan terlalu pedas. Karena pedas jugalah makanku kurang nyaman karena aku harus menyeka keringat, bahkan pilek-pilek, atau berliang air mata saking pedasnya. Menurutku hal yang seperti itu lah yang akan membiaskan kenikmatan sebuah hidangan. Itu persepsi awalku ketika aku masih jarang mencoba makanan pedas. Kini setelah intensitas mencoba makanan pedasku (sedikit) meningkat, persepsiku terhadap makanan pedas mulai bergeser. Dari makanan pedas inilah justru kita belajar sesuatu yang tidak kita dapatkan jika kita hanya mencoba makanan ‘aman’. Dari makanan pedas, aku belajar bagaimana tidak mengeluarkan air mata bagaikan keran air yang terbuka. Aku juga belajar bagaimana mengatasi level pedas yang ternyata di atas kebiasaan kita. Dari makanan pedas juga ini lah aku belajar ternyata minum terus-menerus tidak juga menyelesaikan kepedasan (baca: malah membuat perut kembung karena kebanyakan minum), untuk ini dibutuhkan pengaturan waktu yang pas saat kepedasan!

Lihat ternyata dari makan makanan pedas, ada hal yang bisa kita dapatkan! Teringat sebuah kalimat yang menyebutkan bahwa kreatifitas dan pemikiran luar biasa akan terjadi lewat situasi yang luar biasa pula. Note: bisa jadi hal yang didapatkan dari makanan pedas akan berbeda bagi setiap orang. Tapi intinya, cintai dan belajarlah dari berbagai situasi luar biasa yang kamu alami!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...