Inspirasi

Hadiah Apa yang Sudah Kau Nikmati Hari Ini?

Hadiah …

Siapa yang tak senang jika diberi hadiah?
Hadiah biasanya berupa sesuatu yang diberikan kepada seseorang di hari istimewanya. Hari lahir, kelulusan, kenaikan jabatan, pernikahan, dan berbagai peristiwa istimewa lainnya. Dalam hidup, memang ada banyak peristiwa istimewa. Tapi itu artinya apakah ada peristiwa yang tidak istimewakah? Padahal setiap detik adalah saat yang istimewa, tidak ada detik yang bisa kembali, bahkan sepersekian detik saja, tidak ada yang bisa terulang!
Kembali lagi mengenai hadiah. ‘Sesuatu’ yang diberikan berupa hadiah memang sungguh menyenangkan. Sebutlah handphone, laptop, jam tangan, tas, jaket, sepatu, voucher liburan, coklat, dan berbagai benda lainnya yang diupayakan oleh pemberi hadiah untuk kebahagiaan orang yang akan diberi hadiah. Tapi apalah guna berbagai benda hadiah tersebut ketika ternyata sang penerima hadiah tidak diberi ‘kenikmatan’ untuk merasa bahagia atas hadiah tersebut.

Jadi teringat sebuah kisah, tentang seorang konglomerat yang serba berkecukupan hidupnya, uang, rumah, kendaraan, jabatan. Tak ada makanan yang tidak bisa ia beli. Ingin ini itu, pasti bisa ada di meja makannya dalam sekejap! Tapi, sungguh ironis, dalam keberlimpahan hartanya, ia hanya bisa memandang makanan yang serba mahal tanpa ia bisa menikmatinya. Ia harus bisa berpuas hati hanya makan makanan dengan takaran tertentu dan jenis yang sangat terbatas. Ya, ia menderita penyakit yang tak memberinya kondisi bisa menikmati semua makanan yang mampu dibelinya.
Ternyata hadiah yang sesuangguhnya bukanlah benda atau sejenisnya. Tapi hadiah yang sesuangguhnya adalah bagaimana kita bisa menikmati apa yang kita dapat atau punyai. Ya, bagaimana kita menikmatinya. Dan lagi, sangat disayangkan juga jika ‘kenikmatan’ tersebut kita ikatkan hanya pada momen istimewa saja. Bagaimana jika momen istimewa ini bisa kita ciptakan setiap saat? Sungguh menyenangkan bukan?

Memang sih, tak bisa dipungkiri juga jika ada waktu-waktu tertentu kita merasa ada yang istimewa. Seperti yang kurasakan hari ini. Hari ini contohnya, hari ini aku mendapatkan libur kerja kerena weekend kemarin ada event yang membuatku bekerja di hari yang seharusnya libur. Dan rasanya, sungguh menyenangkan bisa mengatur ritme Senin dengan sesuka hati. Senin yang biasanya hectic kini bisa kunikmati dengan sesuka hatiku. Membeli sarapan, minum kopi dengan santai, bermain dengan kucing, bahkan menulis di pagi hari bisa kulakukan di Senin pagi! Sungguh hadiah yang luar biasa. Alhamdulillah…

Bagaimana denganmu?
Hadiah apa yang sudah kau nikmati hari ini?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...