Inspirasi

Menulis Artikel Dibayar?

Siapa yang tidak menikmati ketika diminta untuk melakukan hal yang disukainya? Sebut saja berbelanja di mall, jalan-jalan, memancing, memasak, tidur, makan, menonton, atau menulis? Hobi, itu adalah hal menyenangkan yang dilakukan oleh orang-orang. Umumnya hobi ini dilakukan di waktu luang, di waktu ketika seseorang berjeda dengan rutinitasnya. Mengapa dilakukan di waktu luang? Hal ini begini adanya karena sebagian besar orang harus melakukan tugas wajibnya dahulu (baca: pekerjaannya) barulah melakukan hobinya. Untuk beberapa orang, sebenarnya tak perlu juga melakukan hobinya di luar rutinitasnya lho! Ya, ini bisa terjadi untuk kalian yang bisa menjadikan hobi kalian sebagai salah satu sumber mata pencarian.

Nah, untuk kalian yang hobi menulis, ada kesempatan bagus! Jika kalian suka menulis artikel, ternyata bisa lho menulis artikel dibayar pula! Jika kalian tertarik, sekarang ini cukup banyak platform yang menawarkan jasa ini. Platform ini mencari para penulis yang bisa menulis dengan konten tertentu. Langkah awal jika kalian tertarik mencoba kesempatan ini adalah, milikilah blog sendiri. Isilah blog kalian dengan berbagai konten. Biasanya para blogger mengatur konten blog-nya sesuai dengan bidang yang mereka minati. Jika kalian masih bingung memikirkan konsep blog, mulailah menulis dengan hal yang kalian minati atau kuasai. Biasanya jika kita menulis sesuatu yang dikuasai, akan banyak hal yang bisa dituangkan dalam tulisan kita. Langkah selanjutanya ketika kalian sudah memiliki blog yang sudah ‘terisi’ adalah mulailah berburu situs-situs platform menulis. Ada beberapa tipe platform. Ada tipe platform yang menawarkan order menulis dan para blogger memilih orderan mana yang cocok dengan mereka, ada juga tipe blogger yang mendaftar lalu para pemberi order yang memilih blogger yang cocok dengan tipe penulis yang mereka perlukan, dan mungkin ada tipe platform lainnya.

Hal selanjutnya jika ingin hobi menulismu ‘menghasilkan’, berburulah juga berbagai lomba menulis. Jadikan berburu lomba menulis 2020 menjadi salah satu resolusi di tahun baru yang sebentar lagi akan tiba. Semoga lomba menulis 2020 bisa membawa hobi menulismu bukan hanya menulis untuk diri sendiri saja, tapi jadikan hobi ini menjadi hal yang bisa membawa manfaat yang lebih luas. Bukankah akan sangat menyenangkan jika kita melakukan hal yang disukai, bermanfaat untuk banyak orang, juga bisa menjadi profesi. Kita tak perlu lagi meluangkan waktu untuk bisa melakukan hobi, karena hobi kita adalah rutinitas kita!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...