Bisnis

Pengurusan SIUJK

Belakangan ini banyak dijumpai pembangunan di kota besar. Entah itu pembangunan jembatan, gedung perkantoran, mall, dan berbagai jenis bangunan atau pun infrastruktur lainnya. Pembangunan-pembangunan yang dilakukan tersebut tak lepas dari jasa yang dilakukan oleh perusahaan konstruksi.

Terbayang, ketika terjadi pembangunan-pembangunan di sana-sini berarti membutuhkan banyak jasa dari perusahaan konstruksi. Intinya pembangunan yang terjadi dapat berkorelasi positif dengan jumlah jasa penyedia perusahaan konstruksi.

Bagaimana, apakah Anda tertarik pada bidang konstruksi ini?
Untuk mendirkan perusahaan konstruksi, dibutuhkan adanya SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi). Sedangkan biaya pengurusan SIUJK ternyata bervariasi. Proses mendapatkan surat ini sekitar 2-3 bulan. Persyaratan yang perlu dipersiapkan antara lain: NPWP perusahaan, surat domisili perusahaan, surat akta perusahaan, SK perusahaan, TDP dan SIUP. Diperlukan juga pas foto, KTP, dan NPWP perorangan dari direktur dan komisaris perusahaan.

Biaya pembuatan SIUJK tergantung dari skala perusahaan tersebut. Biaya pengurusannya bisa berkisar dari belasan juta hingga milyaran. Selain skala perusahaan dipengaruhi juga oleh banyaknya bidang usaha yang nanti akan diambil.
Untuk menjalankan usaha di bidang konstruksi di Indonesia diatur oleh Undang-undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 04 / PRT / M/ 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional.

Adanya pembangunan yang efektif dan efisien, tak lepas juga dari jasa perusahaan konstruksi yang legal di baliknya.

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...