Inspirasi

Sudah Belajar dari Mana Saja?

Sekolah, identik dengan tempat belajar. Tapi ternyata dalam realitanya, belajar bukan hanya dilakukan di sekolah saja. Kita bisa belajar dari mana saja. Terkadang kita belajar sesuatu dari sumber yang justru tidak kita duga di waktu yang tidak diduga juga. Ada banyak guru dan berjuta tempat di mana kita bisa belajar sesuatu.
Ada hal menarik yang kupelajari dari sebuah film yang pernah kutonton belakangan ini. Ini mengenai seseorang yang terbebani sepanjang hidupnya karena sesuatu yang terjadi di masa lalu. Sepanjang masa remaja hingga ia akhirnya dewasa, ia seakan tidak bisa memaafkan dirinya karena kesalahannya di masa lalu tersebut. Namun kejadian yang ia alami di tempat kerjanya tak disangka-sangka justru membantunya untuk berdamai dengan masa lalunya. Hingga akhirnya ia bisa menjalani hidup dengan lebih ringan. Hidup akan terasa lebih ringan jika kita bisa memilah beban mana yang memang ‘perlu’ kita bawa dan beban mana yang kita tinggalkan saja (baca: menjadikannya bukan sebagai beban lagi).
Selain dari film ada juga pelajaran yang aku ambil dari obrolan dengan teman. Intinya ketika kita sedang merasa sedih karena sesuatu, Tuhan yang Maha Pengasih datang untuk menghibur kita dengan cara yang unik. Kala itu ada seseorang yang sedang bersedih, tapi bersedih bukan berarti membuat kita tidak masuk kantor bukan? Nah, dalam perjalanan kantor, ternyata ia mendapatkan driver yang justru sangat menghibur. Intinya, dalam hidup kita tidak sendiri, ada Tuhan yang selalu membersamai kita.
Pernah juga aku belajar sesuatu dari seorang anak kecil. Dia yang kala itu menangis karena sesuatu kemudian bisa tertawa lagi setelah temannya meminta maaf kepadanya. Betapa mudah bahagia bagi anak-anak. Mengapa bagi orang dewasa yang nota bene sudah lebih banyak ‘belajar’ malah butuh usaha ya? Intinya, jika ingin belajar bahagia, belajarlah dari anak-anak!
Nah, kalau kamu sudah belajar dari mana saja?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...