Pendidikan

Bagaimana Menemani Anak Belajar?

Menemani anak belajar, ini bisa menjadi hal yang menyenangkan atau sebaliknya. Hal ini tergantung bagaimana pendampingan orang dewasa dalam kegiatan tersebut. Bagi para orangtua, tante, dan paman yang biasa menemani anak atau keponakan belajar, coba ingat kembali apa yang Anda ingat ketika dulu masih duduk di bangku sekolah dasar. Pelajarannya kah, guru, teman, kisah-kisah di sekolah, atau bagian apanya? Kalau dilihat-lihat, tampaknya hanya hitungan jari yang mungkin ingat pelajarannya. Lebih banyak yang diingat justru adalah kisah di luar pelajarannya. Mungkin saat Anda (baca: kita) belajar, pelajaran di kala itu kurang bermakna. Mengapa disebut kurang bermakna? Karena jika itu bermakna, maka pelajaran tersebut akan masuk ke dalam long term memory kita. Jika sesuatu sudah masuk ke dalam long term memory atau ingatan janga panjang, tentu kita akan mudah mengakses informasi tersebut ketika kita membutuhkannya. Jangan biarkan itu terjadi pada anak-anak! Lantas apa yang dapat dilakukan agar ketika anak belajar semuanya bisa masuk ke dalam ingatan jangka panjang anak? Kita coba lihat yuk!

Bagaimana menjadikan pelajaran bermakna bagi anaka adalah ketika orang dewasa menemukan saluran tepat untuk masuk ke ‘dunia’ anak tersebut. Coba kemas kegiatan belajar anak dari sesuatu yang ia sukai. ‘Saluran-saluran’ tersebut bisa berupa film, mainan, makanan kesukaannya. Misal ketika kita mendampingi anak belajar mengerjakan soal cerita matematika penjumlahan. Pakailah contoh soalnya berupa makanan kesukaannya.

Belajar juga bisa menjadi bermakna untuk anak ketika apa yang dipelajarinya berkaitan dengan keseharian. Misal ketika belajar mengenai cara membaca jam. Mulailah dengan menayakan waktu aktivitas-aktivitasnya.

Lakukan pengulangan konsep. Ternyata ini adalah hal selanjutnya yang bisa dilakukan ketika menemani anak belajar agar kegiatan tersebut lebih bermakna. Buatlah latihan-latihan soal dan dampingi anak dalam pengerjaannya.

Buatlah tahapan pengerjaan sesuatu, khususnya untuk anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar. Adakalanya anak tidak paham pelajarannya ketika ia memang membutuhkan bantuan dalam kegiatan belajar mengajar.

Semoga tips ini bermanfaat ya!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...