Religi

Pengalaman Mengikuti Kajian Online…

Di masa pandemi ini seperti yang sudah kita ketahui ada banyak kegiatan yang membutuhkan penyesuaian. Berbagai kegiatan ‘dituntut’ untuk bisa dilakukan dari rumah. Bekerja, belajar, berbelanja, konsultasi kesehatan, konsultasi psikologis, dan banyak kegiatan lainnya kini dilakukan dari rumah. Kemarin adalah kali pertama aku mengikuti sebuah kajian dari rumah. Di masa pandemi ketika phisical distancing dilakukan bukan berarti kita tidak bisa menghadiri pengajian sama sekali. Ternyata mengikuti kajian online sungguh menarik dan tak kalah banyak hal yang kita bisa dapatkan seperti ketika kita mengikuti kajian offline.

Awalnya kita mendaftar dahulu di nomor kontak yang kudapatkan dari iklan grafis kajian tersebut. setelah melakukan registrasi kita kemudian akan mendapatkan link untuk bergabung dengan grup petemanan. Dari grup itulah kemudian kita mendapatkan penjelasan teknis untuk mengikuti kajian online. Kita diminta untuk menggunakan aplikasi e-conference, lalu ada penjelasan tentang keamanan penggunaan aplikasi tersebut. Pada waktu tertentu kita diberi nomor id dan juga password untuk bergabung dengan kajian online tersebut.

Kajian yang aku ikuti berdurasi 90 menit. Terbayang kita harus antisipasi dengan memastika daring kita cukup baterai dan juga kuota internet. Setelah persiapan teknis, selanjutnya adalah melakukan hal yang seperti pada umumnya kalian lakukan di kajian. Siapkan Al Quran dan juga buku untuk mencatat. Selama kajian, narasumber menjalaskan materi disertai dengan video dan juga pemaparan lewat slide. Di akhir kegiatan ada sesi tanya jawab, sama seperti kajian-kajian pada umumnya.

Ternyata sangat menarik lho mengikuti kajian secara online!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...