Gadget

Laptop, Smartphone, dan E-Conference

Laptop atau smartphone ini adalah benda yang seakan wajib dimiliki di masa semua kini lebih banyak dilakukan dari rumah. Sebut saja belajar dan bekerja! Hingga hari ini dua hal ini masih dilakukan dari rumah, walaupun untuk bekerja, kini sudah ada juga perusahaan-perusahaan yang memberlakukan bekerja dari kantor.

Di masa seperti sekarang ini, selain kita yang dituntut bisa bekerja lebih giat lagi, ternyata ada gawai yang juga mengalami hal yang sama. Laptop atau smartphone pun mengalami hal yang sama. Rasanya kita kini menggunakan mereka lebih sering dibandingkan sebelum masa pandemi.
Salah satu dampak dari situasi ini adalah menurunnya kinerja laptop atau smartphone yang tidak dapat mendukung penggunaan berbagai aplikasi yang dulu tidak digunakan. Ya, berbagai aplikasi untuk melakukan e-conference kini menjadi aplikasi wajib yang terpasang di laptop atau pun smartphone kita.

Beberapa waktu lalu aku mengalami kebingungan dengan aplikasi e-conference yang kugunakan, tiba-tiba aku tidak bisa membagi layarku dengan peserta rapat lainnya. Untungnya sebelum rapat aku sudah mengunggah file yang akan dibahas dalam grup pekerjaan. Tampaknya dalam melakukan e conference kita perlu mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi seperti yang kualami beberapa hari lalu.

Pada minggu sebelumnya, ada kejadian juga yang terjadi saat melakukan e conference. Ini terjadi ketika jaringan internet di rumah kita tidak stabil, tiba-tiba aku yang menjadi host dalam e conference tersebut, justru mengalami gangguan sinyal internet. Ketika aku berhasil masuk lagi ke e conference tersebut, aku lalu menyerahkan peran host kepada temanku, berjaga-jaga jika aku tiba-tiba mengalami gangguan jaringan internet lagi. Saling mem-back up peran menjadi host dan co-host ternyata diperlukan dalam menyelenggarakan e conference. Kita tidak tahu bagaimana variabel kelancaran jaringan internet di setiap rumah.

Bagaimana dengan pengalaman bekerja atau belajarmu dari rumah?

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...