Religi

Lelah Berfaedah

Lelah ini adalah salah satu perasaan yang wajar terasa ketika banyak aktivitas yang kau lakukan dalam keseharianmu. Tapi pernahkah engkau sadari bahwa dari lelah tersebut ada kepuasan bahwa engkau sudah melakukan ‘sesuatu’ dalam hari-harimu? Lelah yang berbuah manfaat untuk sekitarmu, lelah yang menularkan sesuatu kepada lingkunganmu, atau lelah yang memang bukan hanya kau lakukan untuk dirimu saja. Ternyata lelah-lelah seperti ini lah salah satunya bisa mengobati rasa lelah itu sendiri. Lelah berfaedah kalau anak milenial mungkin menyebutnya.

Beruntunglah bagi kalian yang merasakan lelah ketika mencari nafkah untuk keluarga. Beruntunglah kalian yang merasakan lelah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sebagaimana disebutkan dalam Hadist Riwayat Thabrani:
“Barangsiapa yang di waktu seore merasa cakep (lelah) lantaran pekerjaan kedua yangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.
Disebutkan juga dalah Hadist Riwayat Ahmad:
“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Terbayang ternyata lelah yang dirasa bisa menjadi lelah yang tidak sekedar lelah, tapi lelah yang bisa bermanfaat bukan hanya untuk diri. Semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi orang-orang yang merasakan lelah setelah melaksanakan aktivitas-aktivitas dalam kesehariannya.

Lelah bukanlah hal yang hanya dirasa dalam satu hari. Tapi lelah ini bisa dirasa lagi dan lagi. Tapi jika kita mengetahui bahwa ada makna dalam setiap lelah kita. Tentu ini rasanya dapat berbeda bukan dengan jika kita hanya merasa lelah sebatas lelah tanpa makna.

Selamat malam dan selamat beristirahat. Semoga istirahatmu bisa mengembalikan kembali energimu sebelum memulai aktivitasmu esok hari lagi!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...