Wisata,

Liburan Awal Tahun ke Jalan Asia Afrika Bandung!

Liburan akhir atau awal tahun ini adalah liburan yang mungkin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan sebagian besar orang di musim liburan. Tentunya jalan-jalan dengan berbagai tujuan ya. Bingung memilih destinasi dan kegiatan liburan yang aman di masa pandemi ini, jalan-jalan di dalam kota menjadi salah satu pilihan kegiatanku. Seperti pagi tadi aku yang untuk pertama kalinya mencoba berjalan-jalan (pagi) ke Jalan Asia Afrika Bandung!

Jalan Asia Afrika adalah salah satu jalan yang cukup terkenal di Bandung. Sesuai dengan namanya, salah satu spot di jalan ini, engkau akan menjumpai barisan tiang bendere. Jika beruntung engkau akan melihat bendera negara-negara Asia Afrika. Sebenarnya ini bukan kali pertama aku mengunjungi Jalan Asia Afrika. Tapi pagi tadi adalah pagi pertamaku sengaja berjalan-jalan pagi ke jalan yang satu ini.

Pagi tadi aku memulai perjalanan pagiku sekitar pukul setengah tujuh pagi. Aku sungguh menikmati berjalan-jalan menuju ke pusat kota. Jujur aku tidak menyangka jika tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat. Sebagian besar orang yang kujumpai tadi di Jalan Asia Afrika ini adalah pengendara sepeda. Tampaknya jalan ini menjadi salah satu titik singgah untuk sekedar beristirahat, atau menikmati keindahan jalan.

Jalan ini adalah salah satu jalan yang memiliki kekayaan sejarah. Ini terlihat dari banyaknya gedung-gedung dengan gaya Belanda. Ada beberapa bank yang memang tetap mempertahankan keaslian gaya bangunan gaya Belanda ini. Di dua bangunan bank yang kujumpai bahkan disebutkan bahwa bangunan tersebut dibangun pada tahun 1919 dengan arsitek Edward Cupers. Awalnya bangunan tersebut adalah rumah tinggal namun kini dijadikan sebagai bangunan sebuah bank swasta.

Maksud hati berjalan-jalan ke Jalan Asia Afrika ini adalah ingin berolahraga. Namun aku tak menyangka mendapatkan hal yang ‘lebih’. Di sana banyak kujumpai juga orang-orang yang asyik mengabadikan keindahan jalan atau momen mereka menikmati pagi dengan berfoto. Ayo, berjalan-jalan!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...