Inspirasi

Petunjuk Itu Ada

Episode demi episode hidup terus berjalan dari waktu ke waktu. Ada kalanya kita tahu apa yang perlu kita lakukan. Namun banyak kalanya, kita membutuhkan petunjuk bagaimana menjalani suatu episode tertentu yang mungkin dirasa ‘menantang’. Layaknya sebuah ujian, adakalanya kita mendapatkan soal mudah. Kita dapat mengerjakannya tanpa mengeluarkan banyak usaha dan energi. Namun, adakalanya juga kita mendapatkan soal yang mungkin belum kita pelajari materinya atau belum kita kuasai. Tapi, tenanglah, episode ini tentunya diturunkan oleh Allah lengkap dengan seperangkat alat pemecahan soal. Petunjuk itu ada.

Uniknya, adalah bagaimana kita mendapatkan petunjuk ini. Bisa jadi petunjuk ini terlihat jelas dan langsung, bisa jadi petunjuk ini datang tersirat dan membutuhkan pemikiran. Tapi terlepas dari bagaimana petunjuk itu didapat, mengatur hati adalah bagaimana kunci kita dalam menjalani episode demi episode hidup ini. Bagaimana hati ini bisa ditenangkan oleh Allah terlepas dari sudah atau belumnya kita menemukan cara penyelesaian soal. Bagaimana pikiran ini dimampukan untuk berpikir dengan jernih dalam menyikapi soal-soal, terlepas dari sudah atau belumnya kita mendapatkan petunjuk.

Dalam masa-masa tersebut, dalam masa ketika kita dihadapkan dengan sesuatu yang masih abu-abu, ke mana kah kita minta pertolongan? Dalam masa ketika kita tidak tahu apa yang ada di depan, kepada siapakah kita minta dipetunjuk? Kita memang tidak tahu apa yang ada di depan, tapi yakinlah yang terjadi pada kita pada suatu masa, termasuk masa yang ada di depan adalah yang terbaik menurut Allah.

Bagaimana pun episodenya dan bagaimana rasa yang terjadi, ingatlah kepada siapa engkau menuju…

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...