Inspirasi

Ketika Beres-beres Tak Kunjung ‘Beres’

Kesal, putus asa, merasa sia-sia ini adalah hal-hal yang mungkin terasa ketika seseorang merasa masih saja ada yang ‘tidak beres’. Padahal jelas-jelas ia sudah berusaha dengan segenap tenaga untuk membereskannya. Tetap saja tidak beres ketika sudah dilakukan berbagai upaya untuk membereskan sesuatu. ‘Beres-beres’ yang (seakan) tidak berhasil. Usaha yang (seakan) sia-sia. Tenaga yang (seperti) terbuang percuma karena tidak membuahkan hasil. Tindakan yang (seolah) salah lagi dan lagi karena tidak berujung pada penyelesaian masalah.

Wajar jika hal-hal di atas terjadi, ketika kita menyandarkan keberhasilan adalah sebuah hasil. Tak heran jika hal-hal di atas terasa ketika definisi sukses kita adalah kita berhasil ‘beres-beres’. Padahal kalau kita lihat kembali, Allah tidaklah menuntut kita untuk selesai ‘beres-beres’ dalam berbagai hal yang kita alami. Hidup ini adalah proses berjalan, bukannya langsung tiba pada ‘tujuan’. ‘Beres’ itu adalah nanti, terjadi atas izin Allah jika sudah tiba waktunya.

Ingatlah pada prinsip proses berjalan dalam hidup ini! Pelan-pelan belajarlah untuk meninggalkan kesal ketika ‘beres-beres’mu’ tak juga kunjung beres. Karena memang sejatinya itulah proses berjalan. Proses beres-beres itu tak cukup dilakukan satu kali. Beres-beres itu dilakukan lagi dan lagi sepanjang proses berjalannya kita.

Selamat berjalan dan semangatlah ‘beres-beres’ lagi dan lagi!

Author Since: Aug 04, 2018

Mata buku, mata dengan jendela untuk melihat berbagai indah kehidupan...